DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika dirasa blog ini bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk membeli domain www.bijehdesign.com. Terima kasih :)

Aceh dan Peperangan Dengan Jepang

Untuk nemperoleh suatu gambaran yang sesungguhnya mengenai jalannya peristiwa-peristiwa di Aceh pada saat-saat penyerbuan dan pendudukan Jepang, maka mula-mula perlulah diberikan suatu gambaran tentnng keadaan di Aceh dalam hal politik, ekonomi dan kebudayaan pada masa-masa sebelum pecah peperangan dengan Jepang.

Keadaan politik di Aceh selama tahun-tahun terakhir sebelum pecahnya peperangan tidak lain dapat dikatakan menguntungkan dan menampakkan gejala, bahwa pada akhirnya telah tiba saatnya bagi rakyat Aceh untuk bekerjasana dalam banyak hal bagi pembangunan negeri dalam waktu yang cepat. Kelihatannya ialah, bahwa rakyat pada akhirnya telah menyerah secara definitif kepada kekuasaan pemerintah Belanda dan menyadari, bahwa tidak ada jalan lain yang masih terbuka kecuali bekerjasama dengannya. Malahan terdapat kesan bahwa di kalangan lapisan-lapisan luas, rakyat telah menghargai usaha kemauan dan tatatertib, kepastian hukum serta kemajuan ekonomi dan kebudayaan yang dibawakan oleh pemerintah Belanda. Kelanjutannya silahkan dibaca dalam buku "Aceh dan Peperangan Dengan Jepang". Silahkan download pada link dibawah.
Pengarang
Piekaar, Arie Johannes; Alfian, Ibrahim.
Kolaborator
Bakar, Abu.
Penerbit
Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh.
Tahun
1977.
Diterbitkan
Banda Aceh.
Catatan
Vert.van: Atjèh en de oorlog met Japan: [hfdst. 1].
- 's-Gravenhage : Van Hoeve, 1949.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aceh dan Peperangan Dengan Jepang"

Post a Comment

Komentarlah dengan bahasa yang baik :

1. No SARA
2. No SPAM