DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika dirasa blog ini bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk membeli domain www.bijehdesign.com. Terima kasih :)

Cara Menghitung Kubik Kayu

Hari ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara menghitung kubik kayu untuk berbagai keperluan baik dalam menghitung rab pekerjaan kayu dan lainnya. Untuk lebih mudahnya kita harus mengetahui dulu ukuran kayu dipasaran atau dengan melihat tabel kayu untuk menentukan besaran/ukuran kayu yang digunakan, rumus yang akan saya jelakan ini berlaku apabila jumlah kayu diketahui. Untuk tabel kayu silahkan lihat pada gambar dibawah ini.
Sebelum saya memberikan file dalam format excel ada baiknya saya berikan contoh terlebih dahulu. Misalnya kita akan menghitung balok kayu dengan jumlah 4 balok, dimensi balok ukuran 12x12 dengan panjang 6m. Berapa meter kubik kah hasilnya?

Diketahui :
Panjang : 6m = 600cm
Tebal/tinggi = 12cm
Lebar = 12cm
Unit/sisi = 4

Hasil :
Panjang x Lebar x Tinggi x Sisi = 600x12x12x4 = 345.000 m2

Untuk mengetahui kubik kayu maka hasil dari volume kayu dibagi 1.000.000.
345.000/1.000.000 = 0.3456 m3 dibulatkan menjadi 0.35 m3 (volume)
Nah, untuk lebih mudahnya dibawah ini saya share file dalam format excel, tinggal diganti angkanya untuk mendapatkan hasil dalam meter kubik.
MENGHITUNG KUBIK KAYU
Silahkan dipelajari, semoga bisa terus berbagi ilmu, like dan share fanspage kami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Kubik Kayu"

Post a Comment

Komentarlah dengan bahasa yang baik :

1. No SARA
2. No SPAM