DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika dirasa blog ini bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk membeli domain www.bijehdesign.com. Terima kasih :)

Arsitektur Tradisional Aceh

Arsitektur tradisional adalah satu unsur kebudayaan yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan pertumbuhan suatu suku bangsa ataupun bangsa. Oleh karena itu arsitektur tradisional merupakan salah satu identitas dari suatu pendukung kebudayaan. 

Dalam arsitektur tradisional terkandung secara terpadu wujud ideal, wujud sosial, dan wujud material suatu kebudayaan. Karena wujud-wujud kebudayaan itu dihayati dan diamalkan, maka lahirlah rasa bangga dan rasa cinta terhadap arsitektur tradisional itu. 

Proses pergeseran kebudayaan di Indonesia, khususnya di pedesa- an, telah menyebabkan pergeseran wujud-wujud kebudayaan yang terkandung dalam arsitektur tradisional. Pembangunan yang giat dilakukan dewasa ini, pada hakekatnya adalah merupakan proses pembaharuan di segala bidang, dan pendorong utama terjadinya pergeseran-pergeseran dalam bidang kebudayaan, khususnya di bidang arsitektur tradisional. Pergeseran ini cepat atau lambat akan merubah bentuk, struktur dan fungsi dari arsitektur tradisional. Kenyataan ini menjurus ke arah .berubah atau punahnya arsitektur tradisional itu dalam suatu masyarakat. 

Karena masyarakat Indonesia yang majemuk dengan aneka ragam kebudayaan, maka inventarisasi dan dokumentasi tentang arsitektur tradisional tidak mungkin dilakukan hanya dalam satu daerah atau suku bangsa saja. Untuk memperoleh gambaran yang mendekati kenyataan mengenai arsitektur tradisional, sehingga dapat dikenal dan di- hayati oleh masyarakat pendukungnya atau masyarakat di luar pendukungnya maka harus dilakukan inventarisasi dan dokumentasi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah Aceh.

Belum adanya data dan informasi yang memadai tentang arsitek- tur tradisional di seluruh wilayah Indonesia, adalah merupakan salah satu masalah yang mendorong perlu adanya inventarisasi dan dokumentasi ini. Data dan informasi itu akan menjadi bahan utama dalam pembinaan dan pengembangan kebudayaan pada umumnya arsitektur tradisional pada khususnya.
Kolaborator
Hadjad, Abdul; Ali, Zaini; Melalatoa, M. Junus
Organisasi
Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Pusat Penelitian Sejarah dan Budaya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Penerbit
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Banda Aceh
Tahun
1984
Note
Jaar van uitgave op titelblad: 1981/1982
Sumber
acehbooks.org

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arsitektur Tradisional Aceh"

Post a Comment

Komentarlah dengan bahasa yang baik :

1. No SARA
2. No SPAM