Programming (The Design Need)
PEMOGRAMAN
Landasan utama sebuah perancangan adalah informasi. Informasi yang berdasar pada bukti empiris bukan berdasarkan asumsi-asumsi. Sehingga membantu seorang perancang merespon secara efektif dan kreatif terhadap permintaan atau kebutuhan seorang klien, juga merespon parameter-parameter dan batasan-batasan yang ada.
Programming adalah suatu pendekatan kepada proses desain yang melibatkan perancang dalam membuat keputusan (decision making) dengan 2 cara :
Programming adalah suatu pendekatan kepada proses desain yang melibatkan perancang dalam membuat keputusan (decision making) dengan 2 cara :
- Merencanakan kebutuhan dan
- Mengevaluasi respon perancangan terhadap kebutuhan tersebut.
Programming adalah :
- Suatu sistem pemprosesan informasi dan suatu proses pemprosesan informasi.
- Proses ini melibatkan metodologi pengumpulan data, analisa-analisa, organisasi, komunikasi dan evaluasi.
Sebuah program adalah informasi yang dapat digunakan oleh perancang.
Sebuah program adalah alat komunikasi yang menyampaikan dan menterjemahkan kebutuhan-kebutuhan klien kepada Perancang (Designer)
DEFINISI
PROGRAMMING didefinisikan sebagai “Suatu proses peng-identifikasian dan pendefinisian kebutuhan-kebutuhan perancangan (the design needs) dan peng-komunikasian permintaan-permintaan klien kepada Perancang” (Palmer, 1981, p: 7)
Sebagian besar arsitek dan perancang lainnya yang juga bekerja menggunakan program, sepakat bahwa Programming adalah suatu Proses.
Pada dasarnya proses pemprograman (programming process) bersifat investigative, analitis dan sistematis.
Sifat ini sering kali berlawanan dengan yang dilakukan Perancang, yang cenderung melakukan sintesis (to synthesize) daripada menganalisa informasi dan menyelesaikan (solve) daripada mendefinisikan (define) masalah.
Programming harus fleksibel, Setiap perancang sebaiknya memiliki sistem yang spesifik untuk setiap program yang dibuat berdasarkan kasus rancangan yang dimiliki.
Tahapan membuat Program (tahap dasar dan tidak mengikat):
- Menentukan tujuan
- Organisasi tahap pemprograman
- Penyelidikan isu-isu
- Integrasi data
- Penterjemahan informasi
- Komunikasi perancang dan klien
- Evaluasi hasil
- Daur ulang informasi
0 Response to "Programming (The Design Need)"
Post a Comment
Komentarlah dengan bahasa yang baik :
1. No SARA
2. No SPAM