DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika dirasa blog ini bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk membeli domain www.bijehdesign.com. Terima kasih :)

eBook Aceh Di Mata Kolonialis Snouck Hurgronje

Selama lebih dari tiga abad ketiga cabang pelajaran Islam (Fiqh, Usul dan Tasawwuf; Aceh: Pikah, Usuy dan Teusawoh) dan sebagai suatu alat untuk mencapainya, tata bahasa Arab dan unsur- unsur penunjangnya, telah dipraktekkan di Aceh. Boleh dikata dulu dan sekarang sama banyaknya jumlah orang yang telah mencapai tingkat sedang dalam pendidikan ketiga bidang itu; cabang yang paling didalami adalah Hukum, yang juga paling besar kegunaan praktisnya. Sebagian menurut ilmu di daerah mereka sendiri tetapi ada juga yang belajar di Malaka atau bahkan di Mekah. 

Apakah tingkat pendidikan berkembang atau menurun dalam kurun sejarah yang kita ketahui sekedarnya, tidak dapat dikatakan dengan pasti. Banyaknya tulisan berbahasa Melayu yang beredar di Aceh pada abad ke-I 6 dan ke-I 7 tentang ajaran Islam adalah semata-mata merupakan akibat keadaan politik di wilayah itu karena pada masa tersebut kemak- muran raja-raja pelabuhan mencapai puncaknya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "eBook Aceh Di Mata Kolonialis Snouck Hurgronje"

Post a Comment

Komentarlah dengan bahasa yang baik :

1. No SARA
2. No SPAM